Home » Blog News, Cycling Tips » Cara membersihkan dan melumasi rantai sepeda

Cara membersihkan dan melumasi rantai sepeda

lube-chain-compressor

Jika sering bersepeda, atau menggunakan sepeda beberapa kali seminggu, sepedanya seharusnya mendapatkan perawata pembersihan dan pelumasan rantai secara teratur. Disarankan untuk membersihkan dan melumasi rantai sepeda setidaknya sebulan sekali untuk mempertahankan kinerja dan perlindungan yang optimal. Lumasi rantai sepedanya segera setelah digunakan jika mengendarai sepeda dalam kondisi yang medan yang berat, seperti bersepeda gunung di medan kotor atau mengendarai saat hujan atau kondisi basah lainnya. Juga, bersihkan dan lumasi rantai penggerak pada sepeda jika tampak rantai kering, terdengar berisik, atau jika rantai terasa tidak lentur. 

Bersihkan yang menganggu rantai

 Tempat yang baik untuk memulai adalah derailleur belakang. Pernah memperhatikan penumpukan kotoran hitam di derailleur? Jangan biarkan kotoran itu menjadi keras. Gunakan air panas, sikat yang kaku, dan deterjen pembersih sepeda. Bersihkan yang baik pada drivetrain, khususnya rantai. Ini akan menghilangkan kotoran atau pasir yang tergantung di rantai dan roda gigi dan mempersiapkan area untuk  penghapusan lemak dan minyak dari permukaan.

 Bagaimana cara saya menerapkan rantai pelumasan?

 Jumlah pelumas yang sempurna sudah cukup untuk mengatasi hambatan yang ditetapkan oleh penggulung, pelat, dan pin, dan mencegah karat pada bagian-bagian itu, tanpa menarik kotoran yang berlebihan. Mulailah dengan menerapkan satu tetes per tautan (setiap buku) saat kembali mengayuh rantai melalui drivetrain, dan perhatikan di mana mulai menghindari lubing berlebih. Perlahan-lahan jalankan rantai ke atas dan ke bawah kaset untuk membantu mendistribusikan pelumas sejauh mungkin ke rol dan pin. Dengan lap bersih dan kering, pegang rantai dan pedal belakang, usapkan kelebihan pelumas. Pelumas basah biasanya membutuhkan lap kedua, jadi ingatlah untuk membersihkan dengan lap di trailhead. 

Sebagian besar sumber merekomendasikan memerlukan waktu tunggu semalaman. PelumasL kering biasanya membutuhkan beberapa jam untuk dipasang, sementara pelumas basah membutuhkan lebih sedikit. Saran terbaik yang dapat kami tawarkan adalah membuat rencana selanjutnya, melakukan pelumasan malam sebelumnya, dan selalu merujuk pada rekomendasi pabrikan. Saat dalam keadaan darurat, semprotkan, usap, dan mulailah!

Apa yang Harus Digunakan

Menggunakan pelumas yang tepat akan memastikan rantai bekerja dengan benar dan dapat membantu memperpanjang umur rantai. Pelumas semprot rumah tangga terlalu tipis dan benar-benar dapat mengeringkan rantai sepeda. Minyak nabati adalah pilihan yang buruk karena menjadi bergetah. Oli motor terlalu tebal dan tidak menembus rantai secara menyeluruh. Pilihan lebih baik menggynakan oli pelumas berbasis mineral, yang dirancang khusus untuk bagian-bagian sepeda.  

Disadur dari Cycling Today 

© 2019 Bali Cycling Operator | All Right Reserved | Maintained by Wayan Kertayasa