Home » Blog News, Cycling Program, Cycling Tips » Keselamatan Bersepeda Untuk Anak Anak

Keselamatan Bersepeda Untuk Anak Anak

KESELAMATAN BERSEPEDA UNTUK ANAK-ANAK – Pakar Kesehatan Anak, Dr Kate M. Cronan, dari Jaringan Rumah Sakit Anak Nemours, melaporkan bahwa lebih dari 300.000 anak muda Amerika setiap tahun berakhir di ruang gawat darurat karena kecelakaan sepeda. Beberapa cedera yang kecil, namun beberapa anak mengalami cedera kepala atau patah tulang.

 

Kecelakaan sepeda sebenarnya dapat dihindarkan/dicegah sepanjang anak-anak diajarkan dan mengikuti aturan keselamatan bersepeda.

Proteksi

Tidak ada aturan yang mengharuskan bahwa ketika kita bersepeda harus mengenakan helm, untuk dewasa pun untuk anak-anak. Namun demikian tidak salahnya kita mengenakan dan menganjurkan anak-anak kita menggunakannya saat bersepeda. Rangsang, anak-anak kita mengenakan helm dengan menempelkan stiker-stiker menarik atau biarkan mereka ‘berekspresi’dengan menghias helm mereka. Buat ia tertarik dan ‘bangga’ dengan mengenakannya.

Pakaian Sepeda

Ajarkan anak Anda untuk memakai pakaian yang tepat saat dia bersepeda. Tinggalkan jauh-jauh pakaian longgar yang bisa menjadi penyebab Anak Anda terjerat dalam rantai sepeda, termasuk tali sepatu panjang dan celana longgar.

Tali ransel yang kelewat panjang juga dapat terjebak dalam sebuah rantai sepeda atau jari-jari. Sandal jepit dan sandal harus dihindari karena mereka dapat dengan mudah lolos dari pedal. Jangan biarkan Anak-anak Anda naik sepeda sambil bertelanjang kaki. Ingat itu!

Reflektor

Lengkapi anak-anak anda dengan pakaian/kelengkapan bersepeda dengan reflektor. Misalnya mengenakan pakaian warna terang atau neon glow. Regulator lalulintas di Amerika malah menyarankan, ketika bersepeda di jalan raya lengkapi dengan bendera untuk membuat mereka lebih mudah dilihat oleh pejalan kaki dan pengendara kendaraan bermotor lain.

Sebuah bel atau klakson memungkinkan anak untuk memperingatkan pejalan kaki di dekatnya. Anak-anak juga harus diajarkan secara lisan memperingatkan pejalan kaki dan pengendara sepeda lain ketika bersiap-siap untuk melewati mereka.

Aturan Berlalu-lintas

Patuhilah peraturan lalulintas jika  menggunakan jalan umum.  @yanfoundations 

© 2019 Bali Cycling Operator | All Right Reserved | Maintained by Wayan Kertayasa