Home » Blog News, Cycling Tips » Penempatan Telapak Kaki pada Pedal Sepeda

Penempatan Telapak Kaki pada Pedal Sepeda

pedalSebuah sepeda adalah mesin yang digerakan oleh tenaga manusia, dengan menyalurkan tenaga dari badan ke kaki, tapi dengan penempatan kaki dan telapak kaki yang tepat akan menghasilkan gerak yang tidak sempurna dan tidak sesuai dengan yang diharafkan. Posisi yang benar dari sadel sepeda, pedal dan setang berhubungan dengan tinggi badan, panjang tangan dan panjang kaki. Dengan menempatkan telapak kaki yang benar akan melakukan bersepeda yang efisien dan menyenangkan. Karena kaki berhubungan langsung tubuh untuk memberikan gerak untuk sepeda, posisi telapak kaki yang tepat pada pedal sangat penting.

Telapak kaki harus ditempatkan di atas pedal sepeda sehingga mata kaki (bola telapak kaki) di atas poros pedal. Poros pedal adalah sumbu, yang berjalan melalui tubuh pedal. Posisi mata telapak kaki di bagian ini pedal memaksimalkan stabilitas saat bersepeda.
Manfaat
Menempatkan telapak kaki dengan benar diatas pedal akan membantu untuk memastikan daya pedal maksimum dan efisiens. Posisi pedal tepat dengan mata kaki dinamakan proses “ankling” Ankling adalah gerak berputar mengikuti gerakan melalui lengan crank pedal sepeda. Jika telapak mata kaki jauh dengan poros pedal, akan kehilangan jangkauan dan tenaga karena telapa kaki tidak dapat memutar dengan benar. Jika telapak kaki terlalu jauh ke depan, ia akan menimbulkan terlalu banyak tekanan pada jari-jari kaki, mengurangi daya dan dalam beberapa kasus, menyebabkan rasa sakit atau cedera.  http://www.livestrong.com

© 2016 Bali Cycling Operator | All Right Reserved | Maintained by Wayan Kertayasa